Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat - Duh jerawat! Bangun pagi, terbayang deh hari ini akan ada presentasi, setumpuk pr yang belum selesai, atau ulangan yang susah! Eh ternyata ketika kita ngaca di depan cermin, tiba-tiba kita menyadari ada sebuah jerawat yang sudah bertengger manis di wajah kita. Yup, jerawat mungkin adalah hal yang sepele bagi sebagian orang, tapi bagi para perempuan, jerawat -apalagi jika tumbuhnya di wajah- adalah salah satu musuh utama yang harus dibasmi! Saking bencinya para wanita dengan jerawat, kita akan melakukan segala cara untuk segala mengusirnya jauh-jauh dari wajah kita. 

Sumber: manfaattumbuhanbuah.blogspot.com

Berbagai cara pun dilakukan, asalkan si jerawat cepat hilang dari wajah termasuk mengusirnya dengan cara yang salah. Lalu apakah jerawatnya hilang? Ya, jerawatnya sih hilang, tapi masalah lain timbul ketika jerawat meninggalkan bekas flek hitam. Jika hanya ada satu flek hitam sih, mungkin bukan masalah karena anda tentu bisa menutupinya dengan menggunakan bantuan make up, tapi jika semakin banyak tentu akan menjadi masalah besar. Anda tidak inginkan memiliki wajah dengan bintik hitam yang tersebar dimana-mana? 
Seperti yang dilansir oleh alodokter.com, jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat dengan banyaknya sebum pada permukaan kulit sehingga membuat bakteri Propionobacterium Acnes berkembang dengan pesat. Bakteri Propionobacterium Acnes ini adalah penyebab utama timbulnya jerawat. Bakteri ini akan melepaskan zat iritan yang akan membuat kulit anda menjadi iritasi. Efek iritasi inilah yang menyebabkan kulit memerah dan membengkak, disamping itu zat ini jugalah yang akan menimbulkan nanah yang timbul di bawah kulit. 


Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat bisa timbul karena berbagai hal. Mulai dari hal-hal umum seperti hormon, faktor keturunan atau genetik, terlalu banyak makan makanan yang berlemak atau pola hidup yang tidak sehat, salah menggunakan produk perawatan, hingga malas membersihkan wajah. Tapi selain penyebab-penyebab umum tadi, ternyata ada 6 hal yang tidak kita sadari tapi ternyata bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini 6 penyebab jerawat yang sering tidak disadari

1. Handphone 
Ponsel atau handphone, adalah benda yang sangat kotor bahkan lebih kotor dari dudukan toilet. Lho kok bisa? Meski pun terlihat bersih, sebenarnya handphone atau ponsel mengandung banyak bakteri. Ini karena kita sangat sering memegang handphone setelah memegang berbagai barang lain yang juga merupakan sarang bakteri. Jadi mulai sekarang usahakan untuk tidak menempelkan ponsel atau handphone terlalu lama di wajah anda, atau jangan menyentuh wajah anda setelah memegang handphone. 

2. Sarung Bantal
Kapan terakhir kali anda mengganti sarung bantal? Tanpa anda sadari, sel kulit mati, debu, kotoran dan sisa make up sering sekali menempel di sarung bantal. Saat anda tidur, berbagai kotoran dan debu ini menempel di wajah anda dan membuat wajah anda kotor. Hal ini akan di perparah jika anda termasuk orang yang malas atau bahkan tidak pernah membersihkan wajah sebelum tidur. Jadi sebelum sarung bantal anda menjadi sarang bakteri, anda harus mengganti sarung bantal dan seprai anda secara teratur.

3. Tangan Anda
Tangan anda boleh saja tampak bersih, namun sebenarnya tangan mengandung banyak bakteri dan kotoran. Untuk itu, hentikan kebiasaan memegang wajah anda dengan tangan, apalagi jika tangan anda kotor. Untuk mencegah bakteri yang ada ditangan pindah ke wajah anda, pastikan anda mencuci tangan sebelum mencuci wajah anda. Pastikan juga anda hanya memegang wajah anda sesudah mencuci tangan. Selain itu tangan anda juga harus bersih saat menyentuh kosmetik dan produk make up lainnya.

4. Produk Rambut
Kadang memiliki rambut berponi memang keren. Namun siapa sangka hal ini juga bisa menyebabkan jerawat yang timbul didahi karena terkena produk perawatan rambut. Bagi anda pemakai poni, jika anda menemukan jerawat di garis dahi dan rambut, maka itu artinya anda harus menghentikan produk rambut yang saat ini sedang anda pakai, dan jepitlah poni anda agar tidak menutupi dahi anda. Selain itu saat anda selesai menggunakan produk shampo dan kondisioner, pastikan produk tersebut sudah benar-benar tebilas bersih sehingga tidak menempel pada rambut anda.

5. Kurang Tidur
Kurang tidur akan membuat tubuh anda stress. Saat stress datang disinilah jerawat akan tumbuh subur di wajah anda. Maka mulai sekarang pastikan anda tidur selama minimal 6 jam dalam sehari. Tidur yang cukup selain dapat mencegah stress, juga akan membuat kulit anda bersinar karena kulit dapat melakukan regenerasi saat anda tidur.

6. Memencet Jerawat
Memencet jerawat kadang dianggap sebagai cara terbaik dalam mengempeskan jerawat. Padahal seringkali cara ini dilakukan dengan kondisi tangan yang kotor, sehingga banyak kuman yang masuk ke pori-pori kulit dan membuat jerawat semakin meradang dan parah. Kebiasaan memencet jerawat ini juga akan membuat peradangan pada kulit yang jerawat semakin parah dan meninggalkan bekas flek hitam.

Wah tidak disangka ya, ternyata hal-hal yang sering kita lakukan ternyata bisa menimbulkan jerawat. Untuk itu, jika anda sering melakukan hal-hal di atas, sebaiknya anda mulai berhenti melakukannya. Lalu bagaimana jika saya sudah terlanjur berjerawat dan memiliki banyak flek hitam di wajah? Sttt..jangan panik dulu, saat ini banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengusir jerawat dan bekasnya sekalian. Banyak produk yang beredar di pasaran mengklaim bisa menyembuhkan jerawat, menyamarkan bekas jerawat, hingga menghilangkannya. Tapi, apakah aman? Mengingat produk tersebut mengandung bahan kimia yang belum tentu cocok dan aman digunakan di kulit anda. Nah jika anda takut menggunakan produk-produk tersebut, solusinya sangat mudah. Kenapa anda tidak mencoba menggunakan cara alami menghilangkan bekas jerawat di wajah anda? Selain tidak memiliki efek samping, bahan-bahan alami ini juga lebih mudah ditemukan. Penasaran kan bagaimana cara alami menghilangkan bekas jerawat? Seperti yang dilansir oleh kawankumagz.com, berikut ini cara alami menghilangkan bekas jerawat yang bisa anda coba dirumah.


Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat 

1. Ubi Kayu

Sumber: vemale.com

Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan ubi kayu, caranya cukup mudah. Ambil sepotong ubi kayu berukuran sedang lalu buang kulitnya. Setelah itu, cuci hingga bersih dan parut hingga halus. Hasil parutan ini lalu kita peras untuk mendapatkan airnya. Nah gunakan air perasan ubi kayu ini pada bekas jerawat anda. Agar hasilnya maksimal, gunakan setiap hari selama seminggu penuh agar bekas jerawat cepat hilang.

2. Kayu Manis

Sumber: veebitreener.ee

Ambil beberapa batang kayu manis, dan tumbuk hingga menjadi serbuk. Campurkan dengan sedikit air dan oleskan pada bekas jerawat. Lakukan treatment ini setiap hari selama satu minggu. Cara lainnya, anda bisa menumbuk kayu manis dan mencampurkannya dengan madu. Lalu oleskan pada bekas jerawat anda setiap malam dan biarkan hingga pagi lalu bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.

3. Sirih

Sumber: infokeren.net

Sebelum anda melakukan perawatan ini, pastikan wajah anda dalam keadaan bersih. Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cara ini anda cukup mengambil sepuluh helai daun sirih yang masih muda, lalu bersihkan dan tumbuk. Tutupi bekas jerawat dengan hasil tumbukan daun tadi dan biarkan hingga kering. Terakhir, bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini tiga kali dalam seminggu.

4. Aloe Vera

Sumber: womendailymagazine.com

Biasanya tumbuhan ini digunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar. Tapi ternyata tanaman ini juga ampuh untuk mengusir bekas jerawat. Anda tinggal mengoleskan getah aloe vera ke bekas jerawat. Gunakan setiap hari hingga bekas jerawat hilang.

5. Mentimun

Sumber: amazingfarm.com

Buah-buahan yang mengandung banyak air ini terbukti bisa menghilangkan bekas jerawat lho! Anda tinggal mengiris mentimun dan menempelkannya pada kulit yang sedang berjerawat. Rasa sejuk yang ditimbulkan akan membuat kulit berhenti meradang. Diamkan selama lima belas menit lalu bilas hingga bersih.

6. Pepaya

Sumber: efektips.com

Walaupun memiliki aroma yang kurang enak, pepaya mengandung banyak vitamin yang sangat bagus untuk kulit. Caranya mudah, cukup blender pepaya secukupnya sampai halus lalu oleskan pada wajah anda. Diamkan selama dua puluh menit lalu bilas dengan air bersih.

7. Putih Telur

Sumber: produkkecantikan.net

Ternyata telur bukan hanya enak untuk dikonsumsi, tapi ternyata putih telur juga bisa digunakan sebagai senjata untuk mengusir noda bekas jerawat. Caranya, pisahkan kuning telur dan putih telur dalam dua mangkuk yang berbeda. Ambil bagian yang putihnya saja, celupkan kapas dan oleskan pada wajah yang memiliki noda hitam. Biarkan mengering dan bilas dengan air hingga bersih.


Tuh kan, menghilangkan bekas jerawat itu tidak perlu menggunakan produk-produk mahal? Cukup dengan menggunaka bahan-bahan alami yang bisa anda temukan dengan sangat mudah di dapur anda. Jadi tunggu apalagi? Ayo usir bekas jerawat dan kembalikan wajah cantik tanpa noda!
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat! Semoga bermanfaat!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat"

Post a Comment