Tips Anti Stress Saat Ujian

Tips Anti Stress Saat Ujian - Hayo siapa yang saat ini sedang stress karena ujian? Ayo tunjuk tangan? Ujian atau ulangan adalah salah satu hal yang pasti dialami oleh semua anak sekolahan. Mungkin buat yang sekarang sudah lulus sekolah, ujian bukanlah sesuatu hal yang menakutkan, tapi buat kamu yang saat ini masih sekolah, ujian merupakan salah satu hal yang sedikit menakutkan.


Sumber: itoday.co.id

Meski kedengarannya sepele, banyak lho siswa atau siswi yang dilanda rasa cemas bahkan stress saat akan menghadapi ujian. Apalagi jika ujian itu menyangkut mata pelajaran yang tidak kita suka, atau tidak kita kuasai, ditambah dengan guru pengawas yang killer. Duh pasti stressnya dobel deh! Tapiii, tunggu dulu! Bagi kamu yang saat ini akan menghadapi ujian, kamu harus tenang! Kenapa? Karena meski kedengarannya agak menakutkan, percaya deh ujian atau ulangan tidak akan seseram seperti yang kamu bayangkan, bahkan enggak peduli sekiller apa guru yang akan mengawas nanti. Mungkin guru pengawasnya nanti memang galak, tapi toh segalak apa pun guru kamu itu, mereka enggak akan makan kamu kan?
Dimakan sih enggak tapi tetep aja bikin makin grogi! Gimana nanti kalau soal ujian yang keluar ternyata susah? Gimana kalau nanti dapat nilai jelek? Gimana nanti kalau enggak lulus? Gimana kalau..
Hey stop! Sesusah apa pun ujian kamu nanti kalau kamu berusaha dan belajar dengan giat, kamu pasti bisa mengerjakannya dengan baik dan hasil nilai ujiannya juga pasti baik.
Belajar sih udah, tapi tetep aja stress! Jadi gimana dong? Hmm..masih stress? Stt..jangan khawatir! Seperti yang dilansir oleh tempo.com, berikut ini kami akan memberikan Tips Anti Stress Saat Ujian buat kamu! 


Tips Anti Stress Saat Ujian

1. Bersiaplah Untuk Semua Situasi


Sumber: sharingdisana.com

Supaya enggak stress saat ujian nanti, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatu yang bisa membuat kamu melakukan hal terbaik. Misalkan, menyiapkan semua alat tulis kamu, atau membuat rangkuman yang bisa kamu baca sebelum ujian nanti. Enggak mau dong, saat ujian nanti ternyata kamu malah lupa enggak bawa pensil? Hal-hal seperti itu mungkin hanya masalah kecil, tapi tetap saja akan mengganggu ujian kamu. Dengan menyiapkan semua yang kamu butuhkan, kamu akan lebih siap dan bisa mengerjakan ujian kamu dengan lancar dan baik.

2. Jangan Terlambat


Sumber: wolipop.detik.com

Jangan terlambat! Ini yang penting! Saat ujian, kamu harus berada disekolah atau lokasi ujian lebih awal. Selain akan membuat kamu tidak bisa berkonsentrasi dengan baik, datang terlambat juga mungkin akan membuat kamu dilarang untuk mengikuti ujian. Jadi usahakan untuk bangun lebih pagi saat ujian, agar kamu enggak terlambat datang!

3. Belajar Kelompok Yuk!


Sumber: myindischool.com

Daripada stress belajar sendirian dan hasilnya enggak karuan, mending kamu bentuk kelompok belajar bersama teman-teman kamu. Kamu bisa membuat kelompok belajar minimal sebulan sebelum ujian dan membuat jadwal belajar bareng. Dengan begitu, kamu bisa berbagi ilmu dengan mereka. Kamu juga bisa bertanya pada teman kelompok kamu, tentang pelajaran atau bab yang tidak kamu kuasai, dan begitu juga sebaliknya.

4. Matikan Sumber Gangguan


Sumber: hedisasrawan.blogspot.com

Baru mulai belajar, tiba-tiba handphone kamu bunyi. Duh jadi enggak konsen kan belajarnya? Untuk menghindari hal ini, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menjauhkan diri dari semua hal yang mungkin bisa mengganggu kamu saat ujian atau saat sedang belajar. Kamu bisa mematikan handphone kamu jika memang itu mengganggu. Kamu juga bisa memberitahu teman-teman atau orang tua kamu, untuk tidak mengganggu saat kamu belajar atau ujian. Untuk mendapatkan nilai bagus saat ujian, kamu tentu harus berkonsentrasi dengan baik. Bagaimana mau konsentrasi kalau setiap 5 menit handphone kamu berbunyi?


5. Pelajari Semua Yang Kamu Butuhkan


Sumber: storimailife.blogspot.com

Cara terbaik untuk menghadapi ujian adalah dengan belajar cukup keras. Pelajari semua hal yang berhubungan dengan materi ujian kamu, dan cari tahu berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk mempelajari semuanya. Meski ujiannya masih lama, kamu tidak boleh malas. Kebanyakan siswa biasanya menunda-nunda waktu ujian hingga sehari menjelang ujian. Belajar dengan sistem SKS atau Sistem Kebut Semalam tidak akan memberikan pengaruh yang baik buat kamu. Itu hanya akan membuat kamu panik, dan tidak bisa berkonsentrasi dengan baik.

6. Tidur Nyenyak


Sumber: utusanriau.co

Cara terbaik untuk beristirahat adalah dengan tidur yang cukup. Usahakan kamu tidur selama 7-8 jam saat malam. Malam hari sebelum ujian berlangsung, adalah waktu yang tepat untuk beristirahat dan menghemat energi. Ini sangat penting karena istirahat cukup akan membuat kamu lebih siap menghadapi ujian keesokan harinya.

7. Bawa Makanan Ringan


Sumber: dnaberita.com

Bawa makanan ringan, atau bisa juga menyiapkan makanan kesukaan kamu. Sebelum ujian, pastikan kamu sarapan dengan baik dirumah. Jangan lewatkan sarapan hanya karena sedang gugup. Meski kedengaran sepele, sarapan sangat penting untuk kamu yang akan menghadapi ujian. Kamu tentu tidak akan bisa berkonsentrasi mengerjakan soal ujian jika perut kamu lapar, untuk itu pastikan kamu dalam keadaan kenyang sebelum mengerjakan ujian.


Itu dia tips anti stress saat ujian. Oh ya, selain 7 tips diatas, kamu juga tidak boleh berdoa. Dengan berdoa, kamu akan lebih tenang dalam mengerjakan soal ujian kamu!
Terima kasih sudah membaca artikel Tips Anti Stress Saat Ujian! Semoga berhasil!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Anti Stress Saat Ujian"

Post a Comment