Mencegah Rambut Bercabang Dan Cara Mengatasinya Dengan Perawatan Sederhana

Mencegah Rambut Bercabang Dan Cara Mengatasinya Dengan Perawatan Sederhana - Memiliki rambut sehat dan cantik hingga ujung rambut adalah impian semua orang, terutama para wanita. Umumnya bagi perempuan Indonesia dan mayoritas di Asia rambut yang indah itu identik dengan rambut hitam panjang yang berkilau. Memang pemahaman ini tidak salah, siapa sih yang tidak suka memiliki rambut hitam panjang yang berkilau? Dan untuk mendapatkan rambut yang indah, banyak wanita rela melakukan banyak perawatan. Mulai dari perawatan yang sifatnya alami dan mudah seperti dengan menggunakan masker dari bahan alami, hingga perawatan yang mahal dan kadang terdengar janggal untuk dilakukan. 

Sumber: female.kompas.com

Tapi kenyataannya untuk mendapatkan rambut panjang yang indah dan sehat itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terkadang banyak sekali tantangan yang harus anda hadapi, apalagi jika anda termasuk perempuan yang sangat suka mengganti styling rambut seperti mengubah model rambut, atau mewarnainya dengan beragam warna yang anda suka. Mewarnai rambut atau mengubah tatanannya memang bukan hal yang salah, tapi jika tidak diiringi dengan perawatan yang sesuai, hal ini akan menjadi masalah yang cukup rumit bagi anda, salah satunya adalah rambut bercabang. Sedihnya, banyak perempuan yang tidak tahu penyebab timbulnya rambut bercabang, bahkan mereka tidak sadar dengan kondisi rambut yang mulai patah, kusam, dan bercabang. Lalu apa saja sih penyebab timbulnya rambut bercabang? Seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini penyebab rambut bercabang dan cara mengatasinya dengan perawatan sederhana yang harus anda tau!

Penyebab Rambut Bercabang

Sumber: vemale.com

Rambut bercabang muncul karena kurangnya nutrisi yang didapat rambut. Kebanyakan orang hanya mementingkan kebersihan kulit kepala, tapi jarang dari mereka yang menyadari bahwa selain bersih, rambut juga harus mendapatkan nutrisi hingga ujung rambut. Ketika kurtikula rambut pada bagian ujung kering, maka helai rambut anda akan patah. Dan ini lah yang menjadi penyebab utama rambut bercabang. Jika dibiarkan, rambut yang bercabang akan semakin banyak dan membuat rambut anda terrlihat kusam dan mengganggu penampilan anda. Selain itu, rambut yang bercabang juga akan menghambat pertumbuhan rambut, sehingga rambut akan membutuhkan waktu lama untuk bisa menjadi lebih panjang.

Rambut bercabang memang menjadi masalah yang paling banyak terjadi untuk rambut panjang. Dan yang lebih menyebalkan lagi nih girls, rambut bercabang itu susah sekali untuk dihilangkan. Meski anda sudah memotong rambut berkali-kali tetapi tetap saja bila tidak diatasi, rambut bercabang akan muncul lagi dan lagi sehingga anda juga harus terpaksa memotongnya. Jika sudah begitu, mungkin sebaiknya anda harus mengucapkan sayonara pada impian memiliki rambut panjang yang indah! Lalu bagaimana sih cara mengatasi rambut bercabang? Berikut ini cara mengatasi rambut bercabang dengan perawatan sederhana.Mencegah Rambut Bercabang Dan Cara Mengatasinya Dengan Perawatan Sederhana

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Perawatan Sederhana 


1. Potong Rambut

Sumber: misteriodesvelado.blogspot.com

Pertolongan pertama untuk mengatasi rambut bercabang adalah dengan memotong rambut anda. Dengan memotong rambut anda, terutama pada bagian ujungnya secara otomatis akan menghilangkan rambut bercambang anda. Setidaknya, rapikan ujung rambut anda setidaknya 2 bulan sekali. Jika rambut anda memang jenis yang mudah rapuh, minta pegawai salon untuk memotongnya dengan menggunakan gunting dan bukannya silet atau sisir yang terdapat silet untuk memotong rambut. Tidak perlu dipotong pendek atau sampai mengubah gaya rambut, cukup dengan melakukan trim atau memotong ujung rambut secara rutin agar rambut anda terhindar dari cabang.

2. Jangan Sisir Rambut Saat Basah

Sumber: papasemar.com

Menyisir rambut saat dalam  keadaan basah memang akan membuat rambut anda terlihat rapi, tapi sebenarnya ini adalah cara yang salah dalam merawat rambut, terutama bagi anda yang memiliki masalah rambut yang rapuh, kering, dan bercabang. Saat rambut basah, sebaiknya anda tidak menyisir rambut anda dulu karena saat basah, rambut berada dalam kondisi yang rapuh dan mudah rontok. Jika memang ingin terlihat rapi, sisir rambut dengan menggunakan sisir bergigi jarang atau anda bisa menggunakan jari untuk merapikan rambut anda. Setelah rambut kering atau paling tidak setengah kering,  baru gunakan sisir untuk merapihkan rambut anda. Selain itu, hindari sisir bergigi rapat untuk menyisir karena itu akan membuat rambut anda menjadi lebih kusut.

3. Segera Keramas Saat Berenang

Sumber: bhinneka.com

Anda memiliki hobi berenang? Sebaiknya mulai sekarang gunakan topi renang dan segera cuci rambut anda segera setelah selesai berenang. Ini karena air kolam renang mengandung penjernih air yang bisa merusak rambut anda. Untuk itu sangat penting untuk selalu keramas setelah berenang guna menghilangkan residu pada rambut.

3. Gunakan Kondisioner Setelah Shampo

Sumber: mirihwang.com

Awal mula rambut bercabang adalah rambut yang kering dan kurang lembap. Untuk itu, setelah keramas dengan shampo jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner, beri lebih banyak untuk ujung rambut anda. Selain kondisioner, biasakan juga untuk selalu menggunakan masker rambut secara rutin. Saat ini sudah banyak produk masker rambut yang dapat anda gunakan, pilih yang paling sesuai dengan kondisi rambut anda. Anda juga bisa membuat masker rambut anda sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami yang jauh lebih aman untuk rambut anda.

4. Hindari Alat Panas

Sumber: detoxpelangsing.com

Terkadang anda dihadapkan pada kondisi anda harus cepat berangkat kerja tapi rambut anda masih dalam keadaan basah. Solusi yang paling gampang tentu saja dengan menggunakan alat pengering rambut seperti hair dryer atau catokan agar rambut lebih cepat rapi. Meski merupakan solusi yang paling cepat, tapi hari dryer dan alat panas lainnya bukanlah solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan rambut anda. Mulai sekarang, hindari penggunaan hair dryer atau alat panas lainnya untu mengeringkan rambut. Daripada menggunakan alat-alat tersebut, anda bisa mengeringkan rambut anda dengan menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk pelan rambut yang basah. Atau kalau pun harus menggunakan hari dryer, sebelumnya oleskan dulu serum pada rambut anda agar rambut tidak kering.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Sumber: infokesehatanmanusia.blogspot.com

Selain menggunakan serum untuk rambut, jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran. Agar tidak bosan, anda bisa memvariasikan buah-buahan yang anda makan menjadi beragam makanan sehat lainnya seperti salad buah atau jus buah.

Tuh kan ternyata mencegah rambut bercabang dan cara mengatasinya dengan perawatan sederhana itu lebih mudah. Anda bahkan tidak harus bulak-balik ke salon dan menghabiskan biaya yang mahal. Dengan perawatan sederhana dan melakukan kebiasaan kecil pun akan membuat rambut bercabang anda pergi dan tidak kembali!
Terima kasudah membaca artikel mencegah rambut bercabang dan cara mengatasinya dengan perawatan sederhana. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mencegah Rambut Bercabang Dan Cara Mengatasinya Dengan Perawatan Sederhana"

Post a Comment