Tips Mengatasi Patah Hati

Tips Mengatasi Patah Hati - Siapa yang sekarang sedang patah hati? Ayo ngacung! Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya patah hati, entah patah hati karena baru putus dengan pacarnya, atau patah hati karena melihat laki-laki/perempuan yang kita sukai jadian dengan orang lain.

Sumber: delicatx.tumblr.com

Patah hati memang bukan perasaan yang menyenangkan girls, dan memang bukan hal yang mudah untuk bangkit dan melupakan seseorang dimasa lalu anda. Tapi, bukan berarti anda harus terus berkubang dalam perasaan sedih dan galau itu selamanya kan? 
Patah hati, selain berakibat buruk untuk mental anda, ternyata juga berakibat buruk pada tubuh anda. Seperti yang dilansir oleh merdeka.com, berikut ini 3 hal yang akan terjadi pada tubuh anda ketika anda sedang patah hati.

3 Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Kamu Ketika Patah Hati

1. Nyeri Fisik
Pada saat momen anda putus terjadi, apakah anda merasa mulas dan tubuh terasa melemah? Menurut penelitian yang dilakukan oleh Journal Of Neurophysiologi, patah hati dapat menyebabkan sakit kepala, mual, dan nyeri diseluruh tubuh. Ketika seseorang melihat foto mantan pacarnya, emosi kerinduan yang dirasakan dapat menstimulasi bagian yang sama di otak yang merespon rasa sakit secara fisik. Intinya rasa sakit secara emosional dan secara fisik berada dalam jalur yang sama. Ketika anda merasa sakit secara emosional, secara tidak langsung anda juga akan merasa sakit secara fisik, dan hal inilah yang terjadi ketika anda patah hati.

2. Sistem Kekebalan Tubuh Melemah
Ketika anda mengalami perpisahan yang traumatis, sistem kekebalan tubuh anda akan menurun tajam. Selain itu, stress yang anda alami karena patah hati akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anda. Sehingga jangan heran, ketika anda patah hati anda akan lebih mudah terserang penyakit seperti flu atau pilek. Bahkan bukan hanya kekebalan tubuh saja, pada beberapa kasus patah hati yang cukup parah, akan membuat seseorang jadi depresi dan mempengaruhi mental menjadi tidak sehat.

3. Mengacaukan Pola Tidur
Bagi anda yang sedang patah hati, rasa gelisah tentu bukanlah hal yang aneh lagi. Anda mungkin akan menghabiskan semalaman untuk merenungkan dan mencari apa sebenarnya kesalahan anda sehingga dia meninggalkan anda. Hal ini tentu akan memicu stress yang akan menyebabkan kadar kortisol anda tinggi, dan meningkatkan denyut jantung. Dan hal ini pula lah yang akan membuat anda sulit tidur dan tetap terjaga meski pun sudah berusaha keras untuk memejamkan mata.

Wah, tidak disangka bukan ternyata patah hati yang kedengarannya sangat 'klise' ternyata bisa sangat berpengaruh buruk bagi kesehatan anda. Anda tentu tidak mau bukan hal ini terjadi pada anda? 
Well, patah hati memang bukan perasaan yang menyenangkan dan tidak ada obat yang ampuh untuk bisa menyembuhkannya dalam sekejap. Tapi bukan berarti anda tidak bisa sembuh dari patah hati kan? Mesk patah hati tidak ada obatnya, anda bisa kok mengatasi rasa patah hati bahkan menyembuhkannya. Penasaran bagaimana caranya?
Seperti yang dilansir oleh wolipop.detik.com, berikut ini tips mengatasi patah hati yang bisa anda coba!

Tips Mengatasi Patah Hati

1. Belajar Menerima
Semakin besar rasa kehilangan yang anda rasakan, maka akan semakin besar pula perasaan duka yang muncul. Bukan hal yang aneh anda akan merasakan emosi-emosi seperti marah, sedih, kecewa, hingga depresi. Perasaan-perasaan itu sebaiknya jangan dihindari. Tidak ada salahnya anda menikmati semua yang datang dan merasakannya, beri diri anda waktu untuk merasakan semua emosi itu, lalu setelah itu mulailah untuk belajar menerima kenyataan dan perasaan sakit itu. 

2. Jangan Memendam Perasaan Sendiri
Inilah kesalahan umum yang sering dilakukan oleh orang yang patah hati. Berpura-pura baik-baik saja padahal anda merasa tidak. Jika anda sedang patah hati, jangan pernah berpura-pura baik-baik saja tapi pada kenyataannya anda merasa hancur. Jangan pernah merasa anda bisa mengatasi perasaan itu sendiri, karena disaat anda merasa down, justru dukungan orang-orang terdekat adalah pertolongan pertama yang paling anda butuhkan. Disaat sedang merasa sedih atau kecewa, anda tidak perlu ragu untuk menceritakan perasaan anda kepada teman-teman atau keluarga anda. Orang-orang yang menyayangi anda akan dengan setia mendengarkan semua unek-unek anda dan memberikan anda dukungan yang anda butuhkan untuk bisa bangkit kembali.

3. Tidak Perlu Mencoba Kembali Ke Mantan
Meski pun anda masih mencintai mantan pacar anda, anda tidak perlu 'menghalalkan' segala cara hanya karena ingin dia kembali pada anda. Rasa sedih dan sakit hati yang muncul, adalah sesuatu yang wajar dan pasti anda rasakan. Lagi pula, tidak ada gunanya menahan seseorang yang pergi, apalagi jika ia memang ingin pergi.

4. Beraktivitas
Saat patah hati, sangat wajar jika anda ingin sendirian dan tidak melakukan apa pun. Well, jika hanya sehari, tentu tidak masalah. Tapi jangan biarkan perasaan anda mempengaruhi hidup anda. Jangan biarkan diri anda menjadi orang yang tertutup dan terus berduka. Untuk itu, cobalah untuk melakukan aktifitas-aktifitas anda seperti biasa untuk meringankan perasaan anda. Tapi jangan sampai anda bekerja berlebihan, karena itu hanya akan membuat anda sakit. Cobalah untuk beraktifitas seperti biasa, atau sesekali pergi ke tempat baru, memulai hobi baru dan berkenalan dengan orang-orang baru. Percaya atau tidak, melakukan perbuatan positif yang anda kerjakan akan memberikan pengaruh baik bagi diri anda.

5. Jangan Buru-Buru Mencari Pacar Baru
Banyak orang yang bilang, perasaan patah hati karena mantan pacar anda hanya akan sembuh jika anda sudah menemukan orang baru. Terkadang ini ada benarnya, tapi jangan buru-buru mencari pacar baru disaat anda bahkan belum bisa melupakan mantan anda. Coba beri waktu diri anda untuk menerima keadaan sebelum akhirnya memutuskan mencari pengganti. Jika tidak, maka hubungan baru anda justru hanya akan menjadi sebuah pelarian dan beban untuk anda. Jika sudah begitu, bukan hanya anda yang terluka tapi juga orang lain juga akan merasakannya.

6. Tunjukan Emosi
Salah satu cara terbaik anda untuk mengatasi patah hati adalah berekspresi dan menunjukkan emosi anda. Jangan biarkan tubuh anda menyimpannya sendirian, tunjukkan perasaan anda dan cari cara untuk mengatasinya, agar anda tidak terus menerus terlarut dalam perasaan yang sama.

7. Introspeksi Diri
Putus cinta adalah saat yang tepat untuk introspeksi diri. Pelajari kesalahan anda selama ini dan cobalah untuk memperbaikinya sedikit demi sedikit. Dengan begitu, anda akan menjadi orang yang lebih baik dan kesalahan yang sama tidak akan terulang kembali dimasa depan.

8. Memaafkan
Anda mungkin melakukan kesalahan yang fatal dan membuatnya memutuskan pergi, dan sekarang anda terus saja menyalahkan diri anda. Hei, terus-menerus menyalahkan diri sendiri juga tidak akan membuatnya kembali pada anda, malah sebaliknya hanya akan membuat anda merasa buruk semakin harinya. Belajarlah memaafkan diri sendiri anda dan memperbaiki sifat-sifat buruk anda. Bangun rasa percaya diri dan harga diri yang anda miliki setelah penolakan  yang dialami. Oh ya jangan lupa, untuk memaafkan kesalahan-kesalahan mantan anda sebelum melupakannya.

9. Stop Menghubunginya
Anda mungkin akan sangat merindukannya, tapi hentikan untuk terus mencoba menghubunginya. Apalagi jika itu membuat anda merasa semakin terpuruk. Ada baiknya anda menghapus nomornya agar anda tidak tergoda untuk menghubunginya kembali. Sebagai gantinya anda bisa menghubungi teman-teman lama anda yang selama ini anda lupakan. 

10. Tidak Perlu Menampung Semua Saran
Pasca putus cinta adalah saat yang tepat untuk mendengarkan semua saran yang masuk dari orang-orang disekitar anda. Tapi anda tidak perlu menampung semua saran itu. Cukup dengarkan dan lakukan saran yang menurut anda paling tepat. Menampung semua saran yang masuk hanya akan membuat anda kebingungan dan masalah semakin rumit. Pilihlah satu saran yang paling baik dan paling ampuh menurut anda.

11. Hargai Diri Sendiri
Hargai diri anda sendiri, dan jangan merasa rendah diri. Hadapi semua hal yang terjadi dengan tabah dan sabar, percaya saja jika anda baik-baik saja dan tuhan memiliki rencana yang lebih baik bagi anda.


Dari semua tips mengatasi patah hati di atas, mungkin satu hal yang penting adalah untuk memulai semuanya dari diri sendiri. Mulai menerima, mulai memaafkan, mulai membuka diri anda. Patah hati memang menyakitkan, tapi jangan sampai itu membuat diri anda menjadi terpuruk semakin dalam. Percaya anda adalah orang yang baik, dia pergi mungkin karena dia bukanlah yang terbaik buat anda. Tuhan selalu punya rencana terbaik bagi diri anda sendiri. 
Sesuatu yang indah mungkin sedang menunggu untuk anda temukan setelah kesedihan ini, sama seperti sebuah pelangi dan matahari yang akan muncul setelah awan gelap berlalu.
Terima kasih sudah membaca artikel Tips Mengatasi Patah Hati, semoga bermanfaat!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Mengatasi Patah Hati"

Post a Comment