Cara Memutihkan Gigi Secara Alami (Dan Penyebabnya)

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami (Dan Penyebabnya) - Memiliki gigi putih bisa menjadi sebuah kebanggaan sendiri bagi seseorang. Ini karena, memiliki gigi putih bersih, ditambah gigi rapi dan rata secara otomatis akan membuat penampilan anda semakin baik dan tentu ini akan membuat anda menjadi lebih percaya diri. Gigi yang putih dan bersih juga secara tidak langsung memberitahukan bahwa anda berada dalam kondisi kesehatan yang baik, termasuk kesehatan gigi. 


Sumber: healty.liputan6.com

Sayangnya, tidak semua orang perduli dengan gigi mereka. Padahal meski terlihat tidak terlalu penting, gigi memiliki fungsi yang sangat penting untuk organ tubuh yang lainnya, dan juga kesehatan tubuh anda. Gigi yang sehat dan lengkap akan membuat fungsi mulut dalam menjalankan perannya untuk mengunyah makanan menjadi maksimal, dengan begitu makanan yang masuk ke tubuh akan lebih mudah diproses oleh organ lain seperti lambung dan organ pencernaan, dan semua kandungan gizi yang terdapat di dalam makanan otomatis akan dapat diserap secara sempurna oleh tubuh anda. Jadi secara tidak langsung, kondisi gigi anda akan mempengaruhi kesehatan anda. Jika gigi anda sehat, organ tubuh yang lain pun akan lebih sehat. Namun jika gigi anda rusak, bahkan hingga berubah warna bisa saja hal tersebut mempengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya.
Selain mempengaruhi kesehatan organ tubuh, gigi yang kuning juga biasanya disertai dengan masalah lain seperti gigi berlubang hingga yang paling sering adalah bau mulut. Ini tentu akan membuat anda mengganggu penampilan anda, dan membuat anda merasa minder untuk berinteraksi dengan orang lain karena khawatir orang akan mencium bau mulut anda yang tidak sedap. 
Anda tentu tidak ingin kan, hal ini terjadi pada anda? Untuk itu, mulai sekarang anda harus menjaga kesehatan gigi anda. Untuk menghindarinya, hal pertama yang harus anda ketahui adalah penyebab gigi anda menjadi kuning. Seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi menjadi kuning!

8 Hal Penyebab Gigi Kuning


1. Usia


Sumber: duniafitnes.com

Seiring bertambahnya usia, warna gigi juga akan semakin gelap. Ini karena, saat anda semakin tua, fungsi organ tubuh anda pun akan semakin menurun, sehingga secara otomatis produktifitas tubuh dalam menyerap berbagai gizi seperti kalsium dan vitamin juga akan menurun. Padahal, disisi lain meski anda sudah tua, gigi anda tetap membutuhkan asupan kalsium yang cukup untuk membuat gigi tetap kuat. Meski pun saat ini banyak sekali produk pasta gigi yang mengklaim bisa memutihkan gigi, namun hal itu nyatanyat tidak selalu benar. Untuk itu, satu-satunya cara adalah dengan mengkonsumsi banyak makanan dan minuman yang berkalsium tinggi seperti susu. Selain dapat membantu gigi tetap kuat, kalsium juga akan membuat tulang anda kuat meski usia sudah bertambah. Oh ya, jangan lupa untuk tetap menyikat gigi minimal 2 kali sehari dan gunakan juga pasta gigi yang berkualitas, untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat dari luar.

2. Warna Gigi Asli


Sumber: doktergigimedan.com

Masing-masing orang memiliki warna dasar gigi yang berbeda. Ada yang pada dasarnya memiliki gigi putih, namun ada juga yang tidak. Warna gigi ini dipengaruhi oleh pembentukan tulang, yang pada dasarnya memiliki genetika yang berbeda.

3. Tebal Tipisnya Dinding Gigi


Sumber: cafeinfo.net

Genetika atau usia merupakan dua faktor yang cukup besar dalam mempengaruhi ukuran tebal atau tipisnya dinding gigi. Oleh karena itu, ukuran dinding setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang memiliki dinding gigi yang tipis dan agak transparan sehingga membuat warna gigi sedikit lebih kuning. Sedangkan jenis gigi yang memiliki dinding tebal biasanya memiliki warna gigi yang lebih terang. Untuk menyiasati jenis gigi yang memiliki dinding tipis, anda bisa melakukan bleaching atau memutihkan gigi di dokter gigi.

4. Kebiasaan Makan


Sumber: alodokter.com

Selain genetik dan usia, kebiasaan makan juga akan mempengaruhi warna gigi anda. Pola makan yang baik dan mengkonsumsi makanan sehat akan membuat gigi anda sehat dan berwarna putih. Tapi anda juga harus berhati-hati dalam mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki pewarna alami seperti  jeruk, anggur juga dapat mempengaruhi warna gigi anda. Ditambah beberapa buah memiliki kandungan asam yang juga tidak baik untuk gigi. Selain buah-buahan, hindari minuman berkafein seperti soda, kopi atau teh karena minuman tersebut juga dapat mempengaruhi warna gigi anda.

5. Kebiasaan Merokok


Sumber: amazine.co

Rasanya semua orang, termasuk anda tau bahwa merokok merupakan kebiasaan yang tidak baik. Selain mengandung berbagai zat kimia berbahaya, rokok juga mengandung nikotin yang memiliki pengaruh buruk pada gigi. Para perokok biasanya mustahil memiliki gigi yang putih. Kebanyakan dari mereka memiliki gigi kuning, berkerak dan hampir rontok. Jadi jika anda ingin memiliki gigi yang sehat dan kuat, rokok merupakan musuh utama yang harus anda jauhi. Selain tidak baik untuk gigi, rokok juga sangat tidak baik untuk jantung dan paru-paru anda.

6. Pengaruh Bahan Kimia dan Obat-Obatan


Sumber: sabiluna.id

Beberapa obat yang memiliki kandungan sedikit keras, dapat membuat gigi anda menjadi kuning. Namun ada kalanya bagian ini tidak bisa dihindari, mengingat beberapa orang sangat tergantung untuk meminum obat-obat tertentu untuk kesembuhannya.

7. Munculnya Kerak dan Penipisan Dinding Gigi


Sumber: vestyles.com

Stress selain akan membuat jerawat muncul di wajah, juga sangat tidak baik untuk kesehatan anda termasuk kesehatan gigi anda. Stress dapat membuat gigi mejadi kuning dan membuat terjadinya penipisan dinding gigi. Apalagi jika anda termasuk orang yang malas menggosok gigi. Maka dapat dipastikan selain gigi yang mulai kuning, anda akan menghadapi beberapa masalah gigi lainnya seperti lubang, bau mulut, atau karang gigi.Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

8. Trauma


Sumber: ourkami.wordpress.com

Sempat ditemukan kasus jika terjadi trauma, misalnya akibat jatuh atau benturan keras, warna gigi juga ikut terpengaruhi. Semakin besar trauma yang terjadi kondisi gigi tidak akan baik. Dan warna gigi akan semakin gelap.

Itu dia 8 hal yang harus anda hindari jika anda ingin memiliki gigi yang putih dan bersih juga sehat. Lalu bagaimana jika saat anda membaca ini, gigi anda sudah kuning? Apakah gigi anda masih bisa diselamatkan? Jawabannya tentu saja bisa, dan hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang menjadi penyebab gigi kuning seperti yang sudah dijelaskan di atas. Lalu yang kedua, mulailah rajin melakukan perawatan untuk mengembalikan warna putih di gigi anda. Pilihannya, anda bisa melakukan bleaching atau prosedur memutihkan gigi di dokter gigi. Tapi karena prosedur ini juga menelan biaya yang cukup mahal, anda bisa beralih ke perawatan alami untuk mengembalikan warna gigi anda. Memang, perawatan alami akan memakan waktu lebih lama namun disisi lain juga akan lebih aman dan lebih hemat tentunya. Seperti yang dilansir oleh kompasiana.com, berikut ini Cara Memutihkan Gigi Secara Alami yang bisa anda coba untuk mengembalikan kilau gigi putih anda.

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami


1. Gunakan Baking Soda Sebagai Pemutih dan Pasta Gigi


Sumber: psytreasure.com

Bahan tambahan untuk membuat kue ini telah lama digunakan sebagai pengganti pasta gigi dalam membersihkan gigi. Namun soda kue juga dapat berfungsi sebagai pemutih gigi. Senyawa kimia dalam soda kue bersifat abrasif ringan sehingga dapat menghilangkan permukaan tipis pada gigi. Namun karena sifat abrasifnya tersebut, soda kue sebaiknya digunakan hanya sekali atau dua kali dalam sebulan.

2. Kunyah Permen Karet


Sumber: siputnews.com

Mengunyah permen karet bebas gula akan membantu mengurangi kadar asam dan bakteri dalam mulut. Aksi mengunyah akan merangsang mulut memproduksi lebih banyak liur yang mengandung enzim untuk melindungi gigi dari noda.

3. Banyak Kunyah Buah dan Sayur


Sumber: diasweethealthy.com 

Selain menyehatkan tubuh, buah dan sayur segar bisa berfungsi untuk membersihkan gigi dan memutihkannya. Apalagi buah dan sayur yang dimakan bertekstur renyah seperti apel, wortel, atau seledri.
Jeff Golub-Evans, dokter gigi dari New York City mengatakan, makanan yang tinggi selulosa, seperti apel, wortel, atau seledri bersifat abrasif alami. Sementara bayam, brokoli, dan selada juga mengandung senyawa mineral yang membantu pembentukan lapisan terluar gigi sehingga mencegahnya dari noda.

4. Makan Keju dan Produk Susu


Sumber: sekedarinfo.com

Keju dan produk susu mengandung kalsium tinggi yang baik untuk kesehatan gigi. Asam laktat pada produk susu juga berperan sebagai penguat enamel gigi yang mencegahnya dari keropos, serta menjaganya tetap putih.

5. Usapkan Storberi ke Gigi


Sumber: situshiburan.com

Jika menyukai rasa stroberi, maka buah ini bisa diusapkan ke gigi atau dicampurkan dengan pasta gigi. Ini karena buah ini mengandung vitamin C alami dosis tinggi yang membantu menghilangkan plak di atas permukaan gigi yang menyebabkannya terlihat kecoklatan.

6. Menarik Kotoran Dengan Minyak


Sumber: health.kompas.com

Metode ini dikenal dengan juga dengan istilah Ayurvedic remedy. Fungsinya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dengan menggunakan minyak untuk menarik kotoran di gigi. Berkumur dengan minyak kelapa atau bunga matahari secara singkat di pagi hari sebelum sarapan dipercaya dapat menghilangkan plak dan racun di mulut.
Itu dia beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang bisa anda coba dirumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun relatif lebih murah dan sangat mudah ditemukan. Jadi mulai sekarang tidak ada  alasan lagi untuk malas merawat gigi dan mengucapkan selamat tinggal untuk gigi kuning anda! Terima kasih sudah membaca artikel Cara Memutihkan Gigi Secara Alami. Selamat mencoba!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memutihkan Gigi Secara Alami (Dan Penyebabnya)"

Post a Comment