Yuk Rawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering

Yuk Rawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering - Memiliki rambut keriting memang bisa menjadi kebanggaan tersendiri, apalagi jika rambut keriting anda sehat dan berkilau alami. Beberapa tahun belakangan, rambut keriting memang kembali sukses menjadi hits setelah tren rebounding dan smoothing meredup. Jika dulu para perempuan berlomba-lomba untuk meluruskan rambutnya, saat ini justru hal yang terjadi adalah sebaliknya.

Sumber: idntimes.com

Tidak seperti rambut lurus yang kadang bisa terlihat lepek, rambut keriting justru bisa terlihat memukau bahkan disaat dalam kondisi acak-acakan sekali pun. Rambut keriting juga bisa membuat rambut anda terlihat lebih bervolume dan memberikan tampilan yang berbeda. Namun, dibalik itu semua, rambut keriting juga terkadang bisa menjadi tantangan tersendiri. Ini karena, dibalik cantiknya tampilan rambut keriting tersimpan beragam masalah yang membuat rambut rusak.

Lebih dari rambut lurus, rambut keriting membutuhkan perawatan yang super hati-hati agar tidak mudah rusak. Bagi anda pemilik rambut keriting, anda pasti sudah mengenal beragam masalah yang sering datang. Mulai dari rambut yang mengembang dan sulit diatur, hingga mudah sekali kusut dan kering. Well, mungkin hal ini tidak hanya terjadi pada rambut keriting, tapi jika dibiarkan masalah kecil seperti rambut kusut dapat membuat rambut keriting rusak parah. Awalnya mungkin hanya kusut, lama kelamaan rambut akan jadi kering dan kehilangan minyak alaminya. Rambut juga akan jadi lebih rapuh, mudah patah dan bercabang di setiap ujungnya.

Jika sudah begitu, satu-satunya solusi yang bisa anda ambil adalah dengan memangkas rambut anda menjadi lebih pendek. 

What? Potong rambut?!

Oh..nooooo!!

Yup, anda tentu tidak ingin kehilangan rambut indah anda dan memangkasnya jadi lebih pendek. Untuk itu, sebelum masalah rambut keriting datang menghampiri, anda harus merawat rambut anda dengan baik.
Tapi, sebelum anda mulai merawat rambut anda, anda juga harus tau hal-hal yang dapat membuat rambut keriting indah anda jadi rusak. Seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini pantangan yang harus dihindari si rambut keriting agar tidak kering!

Hal-Hal Yang Harus Dihindari Si Rambut Keriting Agar Tidak Kering

1. Menyisir Rambut Yang Kering


Sumber: nirwanita.blogspot.com

Rambut keriting pada dasarnya adalah jenis rambut yang kering. Untuk itu, saat rambut kering sebaiknya hindari untuk menyisirnya. Jika anda memaksa menyisir rambut anda akan jadi rusak karena dipaksa untuk jadi lurus mengikuti arah gerakan sisirYuk Rawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering

2. Shampoo Berbahan Kimia


Sumber: bekasiurbancity.com

Shampoo danconditioner memang dapat membuat rambut jadi sehat dan bersih. Tapi, khusus untuk si rambut keriting ada beberapa merk shampoo dan conditioner yang harus dihindari. Terutama shampoo dan conditioner yang memiliki kandungan sulfate dan sylicon. Karena alih-alih dapat merusak rambut jadi indah seperti yang ada di iklan, rambut anda akan jadi kering dan rapuh tanpa anda sadari.

3. Menggunakan Handuk Biasa


Sumber: tokostungun.com

Bagi anda yang memiliki rambut keriting, hindari menggunakan handuk badan karena dapat merusak rambut. Handuk badan memiliki tekstur yang kasar dan dapat membuat rambut patah-patah. Sebagai gantinya anda dapat menggunakan handuk yang terbuat dari bahan micro fiber. Jika anda tidak punya, anda bisa menggunakan kaos lama anda sebagai pengganti handuk.

4. Meluruskan Rambut


Sumber: keepo.me


Tidak semua orang mengerti bagaimana sulitnya merawat rambut keriting. Bagi anda yang memiliki rambut keriting anda pasti paham betapa sulitnya untuk tetap membuat rambut keriting anda terlihat indah. Tapi, meski merawat rambut keriting itu sulit, bukan berarti anda tidak bisa melakukannya. Jadi, jangan pernah menyerah dalam merawat rambut keriting anda lalu meluruskannya. Percayalah, jika dirawat dengan telaten dan perawatan yang tepat, rambut keriting anda akan lebih indah.

5. Menggunakan Pengering Rambut

Sumber: detoxpelangsing.com

Siapa pun tau, alat-alat styling seperti hair sryer, catokan, atau curling iron memiliki pengaruh yang buruk bagi rambut, terlebih rambut keriting. Jadi bagi anda si rambut keriting, sebaiknya anda jauh-jauh dari alat-alat styling seperti itu. Karena alat styling akan membuat rambut keriting anda jadi semakin rusak dan mudah patah.

6. Sarung Bantal Katun


Sumber: kawankumagz.com

Saat tidur, kita tanpa sadar bergerak kesana kemari dan membuat rambut berantakan. Rambut pun akan jadi sangat kusut ketika bangun tidur. Rambut keriting perlu menjaga ikal alaminya. Dan untuk menjaganya, anda bisa menggunakan sarung bantal satin agar rambut tetap rapi saat bangun tidur.

7. Jarang Minum Air Putih


Sumber: jitunews.com

Ternyata bukan hanya tanaman yang bisa kering jika tidak disiram dengan air, ternyata rambut juga bisa kering jika kekurangan air. Nyatanya kekurangan air dapat membuat tubuh anda, termasuk rambut dehidrasi. Jadi, sesibuk apa pun anda jangan pernah lupa untuk minum 8 gelas air putih, atau lebih dalam satu hari. Selain menghindari tubuh yang terkena dehidrasi, juga melindungi rambut anda dari kering.

8. Tidak Memakai Minyak


Sumber: kompas.com

Rambut keriting cenderung lebih mudah kering. Untuk itu, rambut keriting wajib menggunakan kondisioner sehabis keramas untuk menjaga kelembapan rambut anda. Tapi kondisioner juga tidak cukup, anda perlu menggunakan minyak alami untuk menjaga kelembapan rambut anda. Anda bisa menggunakan minyak zaitun, atau minyak kelapa, untuk menjaga kelembapan rambut anda.

Itu dia beberapa hal yang harus dihindari rambut keriting. Bagi anda yang malas, hal ini mungkin agak sedikit repot, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Seperti yang dilansir oleh vemale.com, berikut ini beberapa tips rawat rambut keriting agar tidak kering yang wajib anda baca!


Tips Rawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering

1. Jangan Keramas Setiap Hari

Sumber: bintang.com

Meski shampo memiliki peranan yang sangat penting dalam merawat rambut anda, tapi bukan berarti anda harus keramas setiap hari bukan? Bagi anda yang memiliki rambut keriting, sangat tidak disarankan untuk keramas terlalu sering, ini karena saat keramas bukan hanya kotoran dan debu yang hilang tapi juga minyak alami juga akan hilang dari rambut anda. Sedangkan minyak alami sangat peniting untuk menjaga kelembapan rambut. Jadi mulai sekarang, sebaiknya anda keramas dua atau tiga hari sekali, dan oh ya selalu gunakan air dingin ya.

2. Selalu Gunakan Kondisioner

Sumber: vemale.com

Saat keramas, kurtikula rambut akan berantakan. Untuk membuatnya kembali baik, biasakan untuk selalu memakai kondisioner setiap habis keramas. Oleskan kondisioner dari tengah rambut hingga ujungnya. Hindari memakai kondisioner hingga pangkal atau kulit kepala. Karena kondisioner yang menempel dikulit kepala akan menjadi ketombe.

3. Gunakan Serum atau Vitamin Rambut

Sumber: nuansapagi.com

Selain kondisioner, jangan lupa selalu gunakan serum atau vitamin rambut. Vitamin atau serum akan melindungi rambut anda dan menjaganya agar tidak mudah rapuh. Selain serum tidak ada salahnya jika anda juga selalu menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa untuk membuat rambut keriting tetap berkilau dan lembap.

4. Sisir Dengan Jari

Sumber: mahkotamu.com

Rambut keriting sangat tidak disarankan untuk menggunakan alat pengering atau alat styling lainnya. Untuk sisir, sebaiknya anda juga tidak menggunakan sisir rambut bergigi rapat. Jika rambut masih basah, agar tidak terlihat berantakan selalu gunakan jari untuk merapihkannya. Baru saat rambut sudah agak kering atau setengah kering anda bisa menyisirnya dengan sisir bergigi jarang.

5. Biarkan Kering Alami

Sumber: modelrambutkece.blogspot.com

Ada kalanya kita tidak sabar menunggu hingga rambut kering alami, sehingga kita menggunakan pengering rambut untuk mengeringkannya dengan cepat. Padahal alat styling bersuhu panas dapat merusak kelembapan rambut dan membuatnya jadi kering. Jika anda ingin rambut anda kering, cukup tutup dengan handuk dan biarkan hingga beberapa menit lalu angin-angin rambut agar kering secara alami. Hindari juga menggosok rambut dengan handuk, karena hal ini juga akan merusak rambut.

Tuh kan tips rawat rambut keriting agar tidak kering itu tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menghindari beberapa hal dan menggunakan bahan alami. Tidak mahal, tidak ribet, dan jauh dari bahan-bahan kimia. Jadi girls, mulai sekarang tidak ada alasan lagi kan untuk merawat rambut keriting anda agar jadi semakin indah!
Terima kasih sudah membaca artikel Rawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering. Semoga bermanfaat!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Yuk Rawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering"

Post a Comment