Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling sering ditemukan. Mengingat polusi udara, keringat, dan kondisi kulit yang tidak sehat membuat jerawat bisa dengan mudah tumbuh kapan saja.


Sumber: sociolla.com

Well, sebenarnya jerawat bukan masalah yang besar, apalagi jika jumlahnya masih dalam batas wajar dan tidak menimbulkan infeksi serius pada kulit. Namun sayangnya tidak semua perempuan berfikian sama. Bagi beberapa orang -terutama perempuan, jerawat yang tumbuh apalagi dibagian wajah bisa menjadi masalah besar. Bahkan percaya atau tidak, satu jerawat yang tumbuh di hidung sudah menjadi alasan yang cukup bagi perempuan untuk merasa tidak percaya diri selama beberapa hari.

Dan mengingat perempuan adalah mahkluk yang sangat perduli dengan penampilannya, tidak heran jika satu jerawat saja sudah dianggap sangat mengganggu. Untuk mengatasinya, banyak perempuan melakukan berbagai perawatan, mulai dari menggunakan masker tradisional hingga pergi ke klinik kecantikan. Lantas, jika jerawat yang tumbuh sudah kempes bahkan mengering, apakah masalahnya sudah selesai?

Oh ternyata tidak! Malah terkadang jerawat yang sudah kempes bahkan kerig juga dapat menimbulkan masalah baru yaitu berupa bekas jerawat yang berbentuk seperti noda hitam. Sedihnya, terkadang dibandingkan jerawat yang mungkin hanya bertahan beberapa hari, bekas jerawat ini lebih sulit untuk dihilangkan. Bahkan terkadang dibutuhkan waktu hingga beberapa minggu atau bulan hanya untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat ini.

Sebenarnya tidak semua jerawat yang sembuh akan meninggalkan bekas. Biasanya hal ini terjadi jika jerawat yang muncul berukuran besar atau parah sehingga menimbulkan rasa sakit atau perih pada kulit wajah. Selain itu, penanganan jerawat yang salah juga nyatanya mampu membuat jerawat meninggalkan bekas noda hitam setelah sembuh. Lalu apa saja sih yang menyebabkan munculnya bekas jerawat di wajah? Berikut ini beberapa penyebabnya!



Penyebab Munculnya Bekas Jerawat Di Wajah


1. Memencet jerawat

Sumber: pontianak.tribunnews.com

Terkadang kita memang sering merasa risih dengan kehadiran jerawat yang muncul di wajah. Dan agar jerawat yang tumbuh cepat membaik, banyak perempuan yang sering menyentuh hingga memencet jerawatnya. Padahal hal ini adalah cara yang salah lho! Ini karena memencet jerawat tidak akan membuat jerawat itu cepat hilang, namun akan menimbulkan masalah lain seperti iritasi atau luka hingga berdarah yang perih. Jika sudah begitu, iritasi yang nantinya sudah kering akan menimbulkan bekas jerawat yang berupa noda hitam yang sulit dihilangkan.

2. Menggunakan Pasta Gigi


Sumber: gelut.com

Girls, pernah mendengar jika pasta gigi bisa menghilangkan jerawat? Sebenarnya hal ini benar karena pasta gigi mengandung fluoride, triclosan, dan hidrogen peroksida yang dapat mencegah iritasi kulit, mengurangi peradangan dan mengeringkan jerawat. Namun cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan pasta gigi ini tidak disarankan. Kenapa? Karena pasta gigi juga mengandung mint yang jika dioleskan terlalu banyak pada jerawat akan menimbulkan rasa panas, dan kulit terbakar sehingga disaat jerawat dan peradangannya membaik, jerawat tersebut akan menimbulkan bekas jerawat yang berupa noda hitam. Selain itu, penggunaan pasta gigi yang belebihan juga akan membuat kulit kita menjadi kering.


3. Penggunaan Kosmetik Yang Salah

Sumber: vemale.com

Saat ini ada banyak sekali kosmetik kecantikan yang beredar di pasaran, namun masalahnya tidak semua kosmetik cocok untuk kulit wajah kita. Mengingat semua orang memiliki kondisi kulit yang berbeda, maka penggunaan kosmetik juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin kamu akan mengalami sejumlah masalah seperti alergi, gatal, hingga munculnya jerawat. Memang biasanya jerawat-jerawat yang muncul kecil dan akan menghilang disaat kita sudah berhenti menggunakan kosmetik tersebut, tapi tetap saja jerawat-jerawat tersebut akan meninggalkan bekas noda hitam di kulit wajah kita.

Anyway semua orang pasti pernah mengalami yang namanya jerawat yang meninggalkan bekas jerawat berupa noda hitam di kulit wajah. Jika hanya terdapat satu atau dua bekas jerawat yang muncul, mungkin kamu tidak akan merasa terlalu mengganggu. Tapi bagaimana jika setiap berjerawat selalu meninggalkan bekas? Hal ini tentu akan sangat mengganggu penampilan kita dan membuat kita merasa tidak percaya diri. 
But don't worry guys, karena meski susah dihilangkan dan dibutuhkan sedikit kerja keras untuk menghilangkannya, bukan berarti bekas jerawat ini tidak bisa hilang lho! Lalu bagaimana caranya? Penasaran? Ini dia Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang bisa kamu coba dirumah!

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat


1. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Putih Telur

Sumber: 7manfaat.blogspot.com

Meski baunya amis bagi yang tidak terbiasa, ternyata putih telur menyimpan banyak manfaat untuk kulit wajah. Selain dapat digunakan untuk menghilangkan komedo dan mengencangkan wajah, siapa sangka putih telur juga dapat menjadi cara menghilangkan bekas jerawat.

Ini karena, di dalam putih telur terkandung protein yang dapat secara perlahan menghilangkan bekas jerawat di wajah kita. Caranya sangat mudah, yaitu ambil 1 butir telur, pisahkan kuning dan bagian putihnya. Lalu kocok putih telur sampai berbusa, lalu oleskan pada wajah. Oh ya, sebelum mengoleskan putih telur, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu ya!

Diamkan selama 10-15 menit, hingga masker putih telur menjadi kencang dan mengeras. Basuh dengan air hingga bersih. Setelah menggunakan masker ini, kulit kamu akan terasa lebih kencang, halus, dan cerah. Gunakan secara rutin minimal 1 minggu sekali, maka secara perlahan bekas jerawat anda akan tersamarkan hingga akhirnya hilang.

2. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Lemon

Sumber: kawaibeautyjapan.com

Girls sudah tahu dong jika lemon dan jenis jeruk lainnya mengandung vitamin C yang bukan hanya sangat baik bagi tubuh tapi juga untuk kulit wajah kita. Yup, vitamin C dalam buah lemon sudah dikenal sejak lama bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah termasuk juga menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya, ambil satu buah lemon, belah dua dan peras airnya, oleskan pada noda bekas jerawat dan diamkan hingga kering. Selain itu, antioksidaan yang terkandung dalam buah lemon juga bisa mencegah peradangan dan iritasi pada jerawat. 

Namun bagi anda yang ingin menggunakan cara menghilangkan bekas jerawat dengan lemon ini, anda harus hati-hati saat mengoleskan pada wajah. Pastikan bagian wajah yang anda oleskan tidak terdapat luka atau berdarah, karena asam yang terkandung dalam lemon akan membuat luka terasa perih.

3. Masker Bubuk Kunyit dan Madu

Sumber: tipkecantikan.com

Siapa sangka bumbu dapur satu ini dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat? Faktanya kunyit merupakan tanaman dengan fungsi lengkap untuk mengatasi masalah jerawat. Mulai dari antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Anti bacteria dan anti jamur yang dapat mencegah peradangan pada jerawat, hingga antioksidaan yang tinggi untuk melawan berbagai macam radikal bebas dan menjadikan kunyit ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah andaCara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Untuk melengkapinya, anda dapat menambahkan madu pada bubuk kunyit ini. Madu sudah lama dikenal memiliki anti septik di wajah yang bisa mengurangi peradangan di wajah dan melembapkan wajah anda. Dan untuk mendapatkan semua manfaat ini, anda cukup mencampurkan bubuk kunyit dengan madu, lalu aduk hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama 15-20 menit hingga kering. Lalu basuh dengan air hingga bersih. Untuk hasil maksimal, gunakan masker ini minimal 1 minggu sekali. Selain menghilangkan bekas jerawat, masker bubuk kunyit dan madu ini juga dapat mencerahkan kulit wajah anda jika digunakan secara rutin.

Oh ya, untuk bubuk kunyit, anda bisa mendapatkannya di swalayan terdekat atau ditoko bumbu dapur. Penggunaan bubuk kunyit tidak akan membuat wajah anda kuning seperti jika menggunakan kunyit secara langsung.

4. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Minyak Zaitun

Sumber: olivinboise.com

Satu lagi bahan alami yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat. Yup, minyak zaitun memang salah satu bahan alami yang ramah untuk kulit kita. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat, seperti salah satunya adalah dapat menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. 

Ini karena minyak ajaib satu ini mengandung anti oksidaan yang dapat menyembuhkan peradangan kulit akibat jerawat. Anti oksidaan-nya juga dapat mencegah penuaan dini, dan gejalanya seperti kulit kusam, garis halus hingga flek hitam. Bukan hanya itu saja, minyak zaitun juga kaya akan anti inflamasi yang dapat mencegah terjadinya infeksi, menutrisi kulit kita dengan berbagai vitamin, dan membantu melembapkan kulit plus mengeluarkan racun. 

Untuk mendapatkan semua manfaat ini, yang perlu anda lakukan adalah mengoleskan minyak zaitun di wajah sebelum tidur setiap malam. Diamkan semalam agar semua vitamin dan kandungan lainnya menyerap dikulit wajah anda, lalu bersihkan dengan air di pagi harinya. Lakukan setiap malam, dan wajah anda bukan hanya akan bebas dari bekas jerawat, tapi juga awet muda!

5. Gunakan Pelembap Wajah

Sumber: skin.co.id

Seperti yang kita tahu, pelembap atau moisturizer adalah skincare yang sangat penting untuk wajah kita. Selain melembapkan, penggunaan moisturizer dengan kandungan vitamin B3 dan GenActive juga dapat menghilangkan noda bekas jerawat. 

Selain itu, pilih moisturizer yang juga mengandung SPF yang tinggi untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV matahari. Seperti yang kita tahu, sinar UV ini sangat tidak baik untuk kulit wajah dan menimbulkan berbagai masalah seperti flek hitam, hingga kanker kulit. 

6. Tutupi Dengan Concealer

Sumber: stashmatters.com

Noda jerawat dimana-mana? Jangan khawatir, kamu bisa kok menutupinya dengan concealer. Well, memang sih produk satu ini tidak bisa menghilangkan bekas jerawat diwajah, namun untuk saat-saat darurat, concealer ini menjadi produk penyelamat karena bisa menutupi noda bekas jerawat, dan juga masalah wajah lainnya. Pilih concealer yang memiliki warna sesuai dengan warna kulit kamu agar hasilnya terlihat natural. 
Itu dia beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu coba girls! Dan karena menggunakan berbagai bahan alami, kamu harus ekstra sabar untuk melihat hasilnya. Namun keuntungannya adalah, karena menggunakan bahan alami, kamu tidak akan perlu khawatir jika kulit kamu nantinya terkena masalah. 
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, selamat mencoba girls!


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menghilangkan Bekas Jerawat"

Post a Comment