Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat - Jerawat! Duh..ini nih salah satu masalah kulit yang bisa bikin kita bete seharian! Yes girls, jerawat memang mengganggu, apalagi jika munculnya di bagian wajah dan muncul dalam jumlah yang cukup banyak. Selain mengganggu penampilan, jerawat dapat menimbulkan infeksi dan menyebabkan masalah kulit lainnya.


Sumber: tuliat.com

Selain itu, jerawat dengan ukuran yang besar terkadang terasa sakit dan perih di kulit, dan setelah kempes, jerawat jenis ini biasanya akan meninggalkan noda hitam yang cukup mengganggu. Well, memang sih bekas jerawat ini bisa ditutupi dengan foundation, bedak, atau concealer, tapi kalau jerawatnya banyak tetap saja akan sulit untuk kita menutupi semua jerawat itu.

Jerawat biasanya paling sering terjadi pada wajah yang berminyak, dan memiliki pori-pori yang besar sehingga memperbesar peluang bakteri penyebab jerawat yaitu p.acnes untuk berkembang biak di kulit kita. Namun seiring dengan kondisi udara saat ini yang bisa dibilang cukup kotor, plus debu dan kotoran akibat aktifitas seharian dan ditambah dengan berbagai jenis make up yang kita gunakan, membuat jerawat juga bisa muncul kapan saja bahkan di kulit normal dan bersih sekali pun.

Jerawat dan Penyebab Munculnya Jerawat

Jerawat Adalah..

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang berupa bintik-bintik kecil hingga besar yang muncul dibagian tubuh. Meski jerawat biasanya paling sering muncul di bagian wajah, namun tidak menutup kemungkinan jika jerawat muncul di bagian tubuh lain seperti punggung, leher, atau dada.


Sumber: kawankumagz.com

Untuk jerawat ringan, biasanya hanya berbentuk bintik-bintik kecil dan akan menghilang dengan sendirinya. Sedangkan untuk jerawat yang parah biasanya berukuran agak besar dan merah serta mengeluarkan nanah. Untuk jerawat yang parah, biasanya juga ditandai dengan rasa sakit dan perih. Dan meskipun jarang terjadi, untuk beberapa kasus jerawat yang parah bahkan bisa menyebabkan kista.

Penyebab Jerawat

Jerawat biasanya paling sering muncul di bagian wajah. Ini karena berbeda dengan bagian tubuh lain seperti punggung dan leher yang biasanya tertutupi pakaian, wajah adalah bagian tubuh yang langsung terkena sinar matahari, maupun jenis polusi lainnya. Ditambah lagi, jika jenis kulit anda adalah jenis kulit berminyak dan memiliki pori-pori yang besar sehingga peluang jerawat muncul lebih besar.

Selain kondisi kulit wajah yang tidak terawat, perubahan hormon biasanya juga memicu tumbuhnya jerawat. Jerawat biasanya paling sering muncul di usia pubertas mulai dari 14-19 tahun. Namun biasanya orang-orang diatas usia 20 tahunan pun masih sering mengalami masalah dengan jerawat meski tidak sesering ketika remaja.


Sumber: diary-alya2.blogspot.com

Perubahan hormon berdampak pada kelenjar minyak atau sebum yang letaknya dekat dengan folikel rambut. Peningkatan kelenjar minyak ini juga menyebabkan produksi sebum yang berlebihan. Tumpukan sebum ini nantinya akan menumpuk dengan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori wajah. 

Disaat pori-pori wajah tersumbat inilah, bakteri penyebab jerawat yaitu Propionobacteria Acnes dapat berkembang cepat. Bakteri ini akan melepaskan semacam zat iritan yang akan menginfeksi kulit dan menyebabkan peradangan sehingga muncul bintik merah yang nantinya akan menjadi jerawat. Selain perubahan hormon, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan kondisi kulit, atau kosmetik yang kadaluwarsa juga dapat menyebabkan alergi yang berbentuk bintik seperti jerawat, biasanya jerawat yang disebabkan alergi, akan disertai rasa gatal yang mengganggu.

Tapi sebanyak apa pun jerawat anda, anda masih bisa kok menghilangkannya. Apalagi saat ini ada banyak sekali produk yang mengklaim bisa menghilangkan jerawat. Namun tidak semua cocok dengan kulit anda bukan? Nah solusinya anda bisa kok mencoba berbagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat anda. Apa saja sih bahan alami yang bisa mengatasi jerawat? Berikut ini Cara Menghilangkan Jerawat yang bisa anda coba!


Cara Menghilangkan Jerawat


1. Bawang Putih


Sumber: 7manfaat.blogspot.com

Siapa sangka meski baunya tidak terlalu enak, bawang putih memiliki kadar anti oksidaan yang tinggi. Anti oksidaan sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh, maupun bagi wajah termasuk sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat di wajah. Kandungan anti oksidaan bawang putih dapat mencegah munculnya jerawat di wajah. Sedangkan untuk masalah jerawat yang sudah muncul, bawang putih juga memiliki zat anti bakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat yaitu Propionobacteria Acnes sehingga dapat membantu mengatasi dan bahkan menghilangkan jerawat.

Untuk menghilangkan jerawat dengan bawang putih, ada beberapa cara mudah yang bisa anda coba. Pertama, ambil satu siung bawang putih dan potong jadi 2 bagian. Oleskan satu potongan bawang putih ke jerawat di wajah. Diamkan hingga kering, lalu bersihkan dengan air. Cara kedua, ambil 2-4 siung bawang putih lalu blender dengan sedikit air, oleskan masker bawang putih ini dibagian wajah yang berjrawat dan diamkan 15 menit atau hingga kering, lalu bersihkan dengan air. Namun hati-hati jangan oleskan masker bawang putih ini terlalu dekat dengan mata karena dapat menimbulkan rasa perih untuk mata anda.


2. Tomat


Sumber: solusisehatku.com

Kandungan buah tomat sangat baik untuk tubuh, namun juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti mengecilkan pori-pori, mencerahkan wajah dan termasuk menghilangkan jerawat. 

Kandungan vitamin A dan C di dalam tomat dapat meredakan jerawat dan menyembuhkannya. Caranya sangat mudah, yaitu cukup ambil 1-2 buah tomat apel merah, lalu blender hingga halus dan jadi masker. Oleskan masker tomat ini dan diamkan selama 15-20 menit hingga kering, lalu bersihkan dengan air. Untuk hasil maksimal, gunakan secara rutin selama 1-2 minggu. 

3. Gunakan Masker Telur dan Madu


Sumber: thesoundnesslife.com

Putih telur sudah lama dikenal memiliki banyak khasiat untuk wajah. Ini karena putih telur memiliki banyak kandungan protein yang mampu meningkatkan kadar elastisitas kulit, kolagen untuk mengatasi kerutan, hingga riboplavin yang dapat menghilangkan toxin dan radikal bebas.

Sedangkan madu, well kita semua tahu madu memiliki kandungan anti oksidaan, anti jamur, dan anti bakteri yang mampu menyembuhkan bintik merah, infeksi kulit, dan menyembuhkan bekas luka akibat peradangan jerawat. Madu juga dapat melembabkan serta mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Untuk cara menghilangkan jerawat, campur 1 butir putih telur dengan 2 sendok madu, aduk rata lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit hingga kering dan semua kandungan madu dan telur meresap pada kulit. Lalu bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu untuk menghilangkan jerawat dan mendapatkan hasil kulit cerah dan sehat.

4. Masker Kefir


Sumber: heloterong.com

Akhir-akhir ini, masker kefir menjadi salah satu masker wajah yang banyak digunakan oleh perempuan Indonesia. Kefir sendiri adalah minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi. Cara pembuatannya adalah dengan memasukkan butiran kefir ke dalam susu, baik kambing maupun sapi.

Kefir sendiri memiliki banyak manfaat untuk wajah dan tubuh. Bagi wajah, penggunaan masker kefir secara rutin dapat mengeluarkan toxin atau racun yang menumpuk di kulit wajah kita dan menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat dan masalah lainnya. Masker kefir juga dapat meningkatkan kadar collagen di wajah yang dapat melawan tanda-tanda penuaan dini seperti flek hhitam maupun kerutan. 

Sumber: femaledaily.com

Saat ini ada banyak sekali masker kefir yang dapat anda temukan di berbagai online shop, namun banyak juga yang menjual produk kefir yang memiliki kualitas tidak baik. Kami sendiri menyarankan anda untuk membeli masker kefir di Medina Kefir. Selain dikenal memiliki kualitas yang baik, masker kefir di Medina Kefir juga menggunakan susu kambing organik dan dibuat tanpa bahan kimia. Bahkan masker kefir di Medina Kefir ini tidak berbahaya jika termakan, karena memang bisa dimakan. Untuk mendapatkan masker ini, anda bisa membelinya di instagram @medinaorganickefir dengan harga Rp. 330.000,-/per box. Anda juga bisa menemukan berbagai info mengenai kefir dan masker kefir ini di instagram Medina Kefir iniCara Menghilangkan Jerawat

Itu dia beberapa cara yang bisa anda coba untuk menghilangkan jerawat di wajah. Well, selain beberapa cara diatas yang merupakan cara alami, anda bisa juga menghilangkan jerawat dengan menggunakan berbagai produk skincare yang saat ini ada dipasaran. Namun anda harus benar-benar memilih produk yang bukan hanya sesuai dengan masalah yang anda hadapi, tapi juga cocok dengan kulit wajah anda. Karena jika tidak, bukannya menghilang, produk tersebut justru akan membuat wajah anda semakin jerawatan.

Sebaliknya menggunakan bahan alami sebagai cara menghilangkan jerawat memang lebih lama, namun juga lebih aman karena bahan alami seperti tomat maupun telur tidak memiliki kandungan bahan kimia di dalamnya sehingga cocok untuk semua jenis kulit.
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Menghilangkan Jerawat. Siap ucapkan selamat tinggal pada kulit wajah berjerawat?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menghilangkan Jerawat"

Post a Comment