3 Cara Mengatasi Rambut Rontok

3 Cara Mengatasi Rambut Rontok - Rambut adalah mahkota perempuan! Rasanya kita sudah terlalu sering mendengar kalimat ini bukan?

Sumber: pinterest.com

Benar atau tidak, faktanya rambut menjadi salah satu simbol kecantikan perempuan. Entah rambut tersebut lurus, keriting, sedikit bergelombang, pendek atau panjang. Well, apa pun jenis rambut dan model potongan rambut kamu, yang terpenting untuk menjaganya tetap sehat sehingga rambut akan terlihat cantik tidak perduli model rambut apa pun yang kamu pilih.

Sayangnya, memiliki rambut sehat bukanlah hal yang mudah. Apalagi saat ini ada banyak hal yang dengan mudahnya dapat merusak kesehatan rambut kita. Hal-hal tersebut seperti alat styling rambut, atau sinar matahari yang kelewat terik dan membuat rambut kita kering, kusam dan bahkan rontok. Yep, tiga hal ini adalah masalah yang paling sering kita alami bukan? Terutama masalah terakhir, yaitu rambut rontok.

Sebenarnya rambut rontok adalah hal yang wajar, mengingat setiap hari rambut wanita bisa rontok sebanyak 100 helai. Namun jika anda merasa rambut anda yang rontok lebih dari itu, anda baru boleh merasa khawatir. Well, jika anda bertanya-tanya, apa yang membuat rambut anda jadi mudah rontok, sebenarnya ada banyak penyebab rambut rontok. Bahkan beberapa diantaranya berasal dari kebiasaan kita sehari-hari lho! Nah jadi penasaran kan, apa saja sih kebiasaan dan hal-hal penyebab rambut jadi rontok? Yuk cari tahu dibawah ini!

Kebiasaan Sehari-Hari Penyebab Rambut Rontok


1. Menyisir rambut saat masih basah

Sumber: pantene.com

Banyak dari kita sering merasa rambut terlihat bagus saat masih basah. Ini karena saat basah rambut jadi terlihat rapi dan lebih mudah diatur. Terkadang agar terlihat rapi, kita sering menyisir rambut saat keadaan rambut masih basah. Tujuannya agar rambut terlihat rapi atau karena anda tidak memiliki waktu untuk menunggunya kering dan menyisirnya. 

Padahal, pada saat dalam keadaan basah, rambut dalam kondisi yang cukup lemah dan mudah patah atau rontok. Untuk menghindarinya, biasakan untuk menunggu rambut kering atau minimal setengah kering, baru menyisirnya. Selain itu, rambut yang disisir pada saat masih basah biasanya akan lebih mudah mengembang saat kering dan membuat penampilan anda tidak oke lagi.

2. Terlalu sering mengikat rambut

Sumber: bisikan.com

Di jam sibuk, kita pasti memiliki banyak sekali pekerjaan dan tidak ingin terganggu dengan apa pun termasuk rambut berantakan yang menghalangi pandangan kita. Dan salah satu solusi tercepat agar rambut terlihat rapi, dan tidak mengganggu adalah dengan mengikatnya. 

Namun terlalu sering mengikat rambut juga nyatanya tidak baik bagi kesehatan rambut anda. Apalagi jika anda mengikatnya terlalu kencang. Hal ini membuat folikel rambut jadi stres dan akhirnya rambut jadi rapuh dan gampang rontok. Sesekali anda memang boleh menguncir rambut, namun jangan terlalu sering dan jangan diikat terlalu kencang ya girls, tenang, meski tidak diikat kencang, rambut anda tidak akan lari kemana-mana kok! 

3. Menggosok rambut dengan handuk

Sumber: cewekbanget.id

Kebiasaan sederhana lainnya yang ternyata merusak rambut adalah menggosok rambut dengan handuk setelah selesai keramas. Tujuannya agar rambut jadi cepat kering sehingga anda bisa segera menatanya. Namun kebiasaan ini ternyata dapat merusak rambut. Seperti yang dijelaskan, rambut yang masih basah berada dalam kondisi yang sangat rapuh. Jadi sedikit saja gesekan pasti dapat dengan mudah membuatnya makin kusut dan mudah patah dan rontok. Daripada menggosok rambut, akan lebih baik jika anda membungkusnya dengan handuk selama 10-15 menit hingga air terserap sempurna. Baru kemudian angin-anginkan rambut dan biarkan kering alami.

4. Penggunaan hair tool

Sumber: detoxpelangsing.com

Rambut basah memang bukanlah hal yang nyaman bagi sebagian perempuan terutama, jika anda memiliki rambut yang panjang. Rambut basah akan membuat anda semakin kedinginan sehabis mandi dan membuat baju jadi basah. Untuk mengatasinya, tidak jarang banyak perempuan memilih menggunakan hair dryer dengan suhu tinggi agar rambutnya jadi lebih cepat kering. 

Namun terkadang kita lupa, bahwa meski cepat, penggunaan hair dryer terlalu sering apalagi dengan suhu tinggi dan jarak yang terlalu dekat akan membuat kulit kepala jadi kering dan rambut jadi rapuh. Akibatnya, rambut akan berubah warna jadi kemerahan, terasa kering, kasar, mudah patah, dan tentu saja jadi rontok. Untuk itu mulai sekarang sebaiknya anda menghindari terlalu sering mengeringkan rambut yang masih basah dengan hair dryer.

Jika pun terapksa, sebaiknya gunakan setelah rambut setengah kering dan lapisi rambut dengan vitamin terlebih dahulu. Selain itu, gunakan hair dryer dengan jarak 20 cm dari rambut dan jangan gunakan dengan suhu terlalu panas. Oh ya, selain hair dryer, hindari juga hair tool seperti curling iron atau catokan ya!

5. Terlalu sering menggonta-ganti warna rambut

Sumber: imkberita.blogspot.com

Rambut warna-warni memang masih jadi tren hingga di tahun 2017 ini. Namun meski kelihatan oke dari luar, terlalu sering menggonta-ganti warna rambut akan merusak rambut dari dalam. Satu hal yang perlu anda ingat, apa pun produknya dan warna apa pun yang digunakan, produk pewarna rambut terdiri dari zat kimia yang meski aman digunakan toh akan membuat rambut anda tetap rusah jika terlalu sering.
See, anda tidak menyangka bukan jika beberapa penyebab rambut rontok anda ternyata berasal dari beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan. Padahal tanpa disadari kebiasaan yang kelihatannya simpel ini membuat rambut kita rontok lebih banyak, bahkan jika dibiarkan akan membuat rambut jadi lebih tipis bahkan menuju gejala kebotakan. Hiiiiy, anda tentu tidak ingin kan kehilangan rambut anda alias menjadi botak? Jika iya, yuk cegar dengan 3 Cara Mengatasi Rambut Rontok dibawah ini!

3 Cara Mengatasi Rambut Rontok


1. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Lidah Buaya

Sumber: familina.com

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak fungsi baik itu untuk kecantikan maupun untuk rambut anda. Dan salah satu fungsi lidah buaya untuk rambut adalah dapat mengatasi rambut rontok. Ini karena lidah buaya mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat menguatkan akar rambut.3 Cara Mengatasi Rambut Rontok  Cara memanfaatkan lidah buaya untuk rambut rontok adalah dengan mengambil lidah buaya, dan membelahnya jadi dua bagian. Ambil lendirnya dan gosokkan ke rambut. Diamkan 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

2. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Minyak Zaitun

Sumber: youtube.com

Selain minyak kemiri yang dapat bermanfaat untuk rambut, ternyata minyak zaitun juga sangat bermanfaat bagi rambut. Selain mengatasi rambut kering, minyak zaitun juga baik untuk mengatasi rambut rontok. Caranya, panaskan minyak zaitun, kemudian setelah agak hangat, oleskan ke kulit kepala dan tutup rambut dengan shower cap. Diamkan selama 1 jam kemudian bilas dengan air.

3. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Teh Hijau

Sumber: merdeka.com

Seperti yang sudah kita ketahui, teh hijau kaya akan anti oksidaan. Nah anti oksidaan ini dapat membantu anda mengatasi rambut rontok dan mempercepat proses pertumbuhan rambut. Caranya, seduh teh hijau dengan air panas, diamkan semalam hingga mengendap kemudian ambil endapan teh ini dan oleskan ke kulit kepala. Diamkan 15 menit kemudian keramaslah seperti biasanya.


Bagi anda yang bermasalah dengan rambut rontok, dan sudah mencoba berbagai macam produk shampo untuk rambut rontok namun tidak juga berhasil mengatasi rambut rontok, anda bisa mencoba 3 Cara Mengatasi Rambut Rontok diatas. Selain lebih murah, cara diatas juga lebih aman karena bahan yang anda gunakan adalah alami dan bebas zat kimia. Lakukan secara rutin ya, agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba!


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Cara Mengatasi Rambut Rontok "

Post a Comment